Pages

Kamis, 29 November 2012

Atasi Kelelahan Mata Akibat Komputer

Mata merupakan panca indra yang paling berharga. Namun sering kali kita menatap layar komputer  bahkan bisa seharian penuh, otomatis mata kita akan lelah dan terluka.
Apalagi kita setiap hari biasanya  berpindah-pindah dari komputer, berpindah kelayar Smartphone, berpindah ke TV, dan terus menerus begitu, sehingga tidak heran kalau beban pada mata kita terus bertambah.

Jika mata anda hanya lelah karena  menatap layar terus menerus, atau anda mengalami mata lelah akibat perkerjaan sehari-hari, berikut beberapa tips dari Steve Schallhorn ( Ketua ‘International Medical Advisory Board (IMAB ) dari Optical Express) untuk mengalahkan mata lelah :

Istirahat Sejenak

Berilah diri anda istirahat beberapa menit bila pekerjaan anda atau aktifitas anda sedang padat, biarkan mata merasa nyaman dahulu, tutup mata anda, lepas kacamata anda bila anda menggunakan kacamata, bersantai dan tarik nafas dalam-dalam. Hanya beberapa menit saja agar mata anda benar-benar istirahat.

Ketika Anda tiba di rumah, hindari pekerjaan selama beberapa waktu
Anda telah bekerja dengan layar komputer sepanjang hari, jadi jangan langsung memeriksa email ketika sampai di rumah, atau melihat ponsel Anda atau bahkan membaca, selama sekitar satu jam.

Mengubah pencahayaan

Yang terbaik adalah cahaya lembut yang tidak terlalu terang atau terlalu intens, tetapi masih menyinari dengan pas. Cobalah redupkan cahaya, atau menyalakan lampu kecil, bukan lampu utama. Rasakan bagaimana reaksi mata Anda sesudahnya — jangan sampai merusak mata akibat cahaya yang terlalu sedikit atau terlalu banyak.

Berkedip

Kita sedikit berkedip ketika kita sedang melakukan pekerjaan yang intens dan akibatnya, kita jarang sadar bahwa mata kering. Istirahat sejenak akan sangat membantu, begitu juga berkedip, selaraskan mata Anda dan rasakan bagaimana mereka terasa sesudahnya. Jika mata terasa kering, tutuplah mata atau jika masih tidak cukup, gunakan tetes mata.

Pijat

Ketika kita bekerja di depan layar komputer otot dahi kita akan menjadi sangat tegang dan cobalah luangkan beberapa menit memijat kepala, alis dan leher. Jika ada orang yang bisa memijat Anda, itu akan sangat membantu meringankan tekanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar